SINDEN ADALAH KUNCI YANG HARUS DITAFSIRKAN

Sujiwo Tejo, yang berperan sebagai Sinden Sepuh sekaligus sutradara, menegaskan bahwa lakon ini tak hanya merefleksikan persoalan dunia sinden, tetapi juga merefleksikan bermacam persoalan hari ini. “Sinden adalah kunci!” ujar Sujiwo Tejo. “Kunci untuk merefleksikan banyak persolan berbangsa dan bernegara, itu yang sering dilupakan orang.”

Sinden Republik mengisahkan obsesi Sinden Sepuh yang ingin menemukan seorang sinden yang konon kabarnya memiliki rajah di punggungnya. Rajah di punggung sinden itulah, kunci yang harus ditafsirkan, dibedah dan dimaknai kembali, agar relevan dengan kondisi sosial politik yang sedang berlangsung. Rajah di punggung sinden itu adalah jejak sejarah yang ditorehkan para pemimpin bangsa ini. Saat mencari sinden itulah, perlahan-lahan banyak hal terkuak dan terbuka, menyangkut sejarah yang selama ini ditutup-tutupi. Perjalanan mencari sinden itu menjadi perjalanan menelusuri sejarah para tokohnya, yang kemudian mengetahui masa lalunya.

“Semoga lakon ini bisa membuat kita berfikir out of the box,” ujar Sujiwo Tejo. Sebagai dalang, ia memang menarik bukan semata karena nyentrik, tetapi karena unik pada gagasan dan pemikirannya. Ia kerap kali melawan pakem atau hal-hal yang selama ini dianggap sebagai kebenaran umum. Dengan kata lain, ia selalu mencoba keluar dari apa yang dianggap lumrah, dan melihat segala hal tidak sekedar hitam putih. Inilah yang menjadi daya pikat utama dari pementasan ini, dimana ia mencoba merefleksikan persoalan aktual dalam bentuk pertunjukan bergaya musikal.

Pementasan “Sinden Republik” akan digelar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta, Jumat s/d Sabtu, 20-30 Mei 2015, mulai pukul. 20.00 WIB.

Sutradara: Sujiwo Tejo
Penata Musik: Bintang Indrianto
Penata Tari: Ajeng Soelaeman
Pemain: Soimah, Endah Laras, Sruti Respati, Rita Tila, Megan, Kelompok SAHITA, Miing Bagito, Cak Lontong, Akbar, Trio GAM

Harga Tiket :

PLATINUM VVIP VIP BALKON
Rp 500.000 Rp 300.000 Rp 200.000 Rp 100.000

Pemesanan tiket:
Hotline reservasi: 0838-9971-5725, 0856-9345-7788
Taman Ismail Marzuki: 021-975-975, 0815-1935-1935